Pemilu Sebentar Lagi, Berikut Daftar Parpol Baru yang Siap Berkompetisi

Mitrapost.com – Dua tahun menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sejumlah partai politik (parpol) mempersiapkan diri. Tak hanya diramaikan partai lama, seperti Golkar, Demokrat, maupun PDI Perjuangan. Beberapa partai baru bermunculan untuk bertarung merebutkan kursi panas Pemilu 2024 mendatang.

Perlu diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan hari dan tanggal pemungutan suara untuk Pemilu 2024 yakni Rabu, 14 Februari 2024.

Ketua KPU, Ilham Saputra menyampaikan, penetapan hari pemungutan suara Pemilu 2024 sudah tertuang dalam Keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022.

Dengan demikian, dalam waktu dekat para calon peserta parpol bisa melakukan tahapan awal pendaftaran, termasuk para partai pendatang baru.

Saat ini ada enam partai baru yang telah mengantongi SK Pengesahan Badan Hukum dari Kemenkumham. Mereka telah mendeklarasikan diri siap bertarung di Pemilu 2024.

Baca Juga :   Pemilu 2024, Dibutuhkan 52 Ribu Petugas di Kota Bandung

Berikut ini profil keenam partai baru tersebut:

1. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)

PKN didirikan oleh sejumlah pengikut mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum pada 2021. Di antaranya mantan anggota DPR dari Fraksi Demokrat Mirwan Amir, eks pengurus Demokrat Ian Zulfikar, aktivis HMI Asral Hardi, wartawan dan fotografer Bobby Triadi, serta Sri Mulyono yang kini jadi sekretaris jenderal PKN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati