Tentukan 1 Ramadan, BHRD Pati Akan Gelar Sidang Isbat 1 April Mendatang

Pati, Mitrapost.com – Berdasarkan kalender masehi, awal bulan ramadan akan jatuh pada Minggu (3/4/2022) mendatang. Untuk memastikan hal tersebut, Badan Hisab dan Rukyat Daerah (BHRD) Pati Akan mengadakan sidang isbat pada 1 April 2022 mendatang.

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pati, Abdul Hamid mengatakan, Sidang isbat tahun ini akan menggunakan dua metode yakni hisab dan rukyat.

Sederhananya, rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal dengan mata telanjang atau alat bantu optik. Pengamatan dilakukan tepat setelah Matahari terbenam.

Sementara hisab adalah metode perhitungan hilal secara matematis dan astronomis. Dua metode itu merujuk pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 2 tahun 2004.

“Seperti biasa akan ada tim rukyat dari BHRD (Badan Hisab dan Rukyah Daerah) Kab Pati. Pada 29 sya’ban atau 1 April,” ungkap Abdul Hamid saat ditemui di kantor Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten Pati kemarin.

Baca Juga :   Pati Zona Merah HIV/Aids, Calon Pengantin di Pati Wajib Tes Sebelum Menikah

Namun, metode rukyat hilal adalah yang diutamakan adalah digunakan oleh pemerintah. Jika hilal tidak tampak pada saat dipantau, maka bulan Sya’ban akan digenapkan menjadi 30 hari dan petugas wajib melakukan pengamatan ulang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati