Dinindagkop UKM Rembang Upayakan Jadi Jembatan Bagi Pedagang dengan Distributor

Untuk menengahi permasalahan tersebut, Dinindagkop UKM Rembang berusaha dengan melakukan pemantauan di dua tempat, yakni gudang barang serta pasar di seluruh Kabupaten Rembang.

“Jadi kami itu hampir setiap hari ibaratnya ikut menguntit para distributor ini agar tidak terjadi penimbunan,” ungkapnya.

Terkait dengan teknis pemantauan, pihak Dinindagkop melakukan pemantauan secara bergantian dan dilakukan setiap minggu. Pemantauan dilakukan dengan mendatangi distributor kemudian pasar untuk melihat penyaluran barang langka tersebut sampai ke tangan pedagang.

“Kami ikut ke gudang sudah dijual semua atau belum, oh ternyata dijual semua. Kalau ada yang masih sisa, kami dorong pihak distributor untuk menjual semua ke pedagang,” katanya.

Tri Handayani mengatakan, hal tersebut merupakan harapan serta upaya konkret dari pemerintah untuk mengendalikan harga serta konflik di tengah masyarakat. Pemerintah menjadi pihak ketiga antara pedagang dan penyalur barang atau distributor agar konflik yang ada bisa segera dikendalikan. (*)