Selama 3 Bulan, Angka Kematian Ibu di Kudus Capai 3 Kasus

Kudus, Mitrapost.com – Terhitung dari bulan Januari sampai dengan Maret 2022, terjadi 3 kasus kematian ibu di Kudus. 1 diantaranya karena terpapar Covid-19.

Nuryanto selaku Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kudus menyampaikan, Angka Kematian Ibu (AKI) di Kudus pada tahun ini telah mencapai 3 kasus. Salah satu penyebabnya karena ada seorang ibu hamil yang terpapar Covid-19.

“Tahun ini sampai Maret 2022 sudah ada 3 kasus kematian, 1 kasusnya karena Covid-19,” ungkap Nuryanto kepada Mitrapost.com pada Senin (28/3/2022).

Lebih lanjut, ia mengatakan AKI menjadi salah satu indikator penilaian derajat kesehatan masyarakat. Semakin AKI berkurang maka semakin tinggi derajat kesehatan masyarakat.

“AKI menggambarkan angka kematian ibu karena kehamilan, persalinan dan masa nifas,” jelasnya.

Baca Juga :   Ringankan Beban Ahli Waris, Pemkab Kudus Permudah Pengajuan Bansos Santunan Kematian

Ia juga menambahkan bahwa kurangnya tenaga kesehatan akibat terpapar Covid-19 menjadi halangan puskesmas dalam melaksanakan pos pelayanan terpadu yang berfungsi untuk memantau status gizi dan kesehatan ibu hamil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati