Komisi B DPRD Pati Usulkan Asuransi untuk Petani Bawang

Pati, Mitrapost.com – Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, M. Nur Sukarno mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati untuk menyediakan program asuransi usaha tani bawang.

Asuransi petani dimaksudkan memberi perlindungan kepada petani bawang dari kegagalan panen akibat hama dan bencana alam.

“Saya sendiri men-support pertanian yang memiliki risiko bencana alam yang tinggi atau hama harus ada asuransinya. Karena sekali gagal, petani harus mengeluarkan modal besar,” ujar Sukarno saat menerima audiensi paguyuban petani bawang Pati di Ruang Rapat Gabungan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati kemarin, Jumat (31/3/2022).

Sebelumnya diberitakan, paguyuban petani bawang Pati mendatangi DPRD untuk meminta solusi terhadap anjloknya harga bawang merah di triwulan pertama tahun 2022.

Baca Juga :   Satpol PP Pati Kesulitan Atur Waktu Makan di Tempat 20 Menit

Politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) itu menjelaskan ada dua tantangan yang dihadapi oleh petani di Pati dari tahun ke tahun. Diantaranya, fenomena anjloknya harga karena stok yang melimpah saat panen. Kedua, kegagalan panen karena serangan hama atau terkena bencana alam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati