Inilah Niat Zakat Fitrah dan Maknanya yang Wajib Kamu Tahu

Mitrapost.com – Sebelum melaksanakan kewajiban zakat fitrah, ada baiknya kita mengatahui tidak hanya niat zakat fitrah namun juga makna dari pelaksanaannya bagi umat Islam.

Zakat fitrah merupakan ibadah yang termasuk dalam rukun iman yang keempat. Pelaksanaan zakat fitrah paling tepat dilaksanakan mendekati perayaan Idul Fitri. Sehingga biasanya umat Islam melakukannya pada akhir bulan Ramadan.

Arti kata zakat sendiri berasal dari bentuk kata “zaka” yang artinya suci, berkah, tumbuh, baik, atau berkembang. Dalam Fikih Sunnah, Sayyid Sabiq: 5 dinamakan zakat dikarenakan di dalamnya terkandung harapan untuk memperoleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan.

Sedangkan arti tumbuh dalam makna zakat menunjukkan bahwa dengan mengeluarkan zakat maka dapat menjadi penyebab adanya pertumbuhan dan perkembangan harta yang dimiliki. Dengan melaksanakan  zakat akan mendatangkan pahala menjadi banyak.

Baca Juga :   Berdoa Saat Menerima Kabar Baik

Lalu untuk makna suci, menunjukkan bahwa menunaikan zakat adalah untuk mensucikan jiwa dari segala  kejelekan, kebatilan karena zakat merupakan penyuci manusia dari dosa-dosa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati