Presiden Jokowi Minta Angkat Bicara Kasus Ekspor Minyak Goreng

Mitrapost.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi kasus ekspor minyak goreng yang melibatkan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Dirjen Daglu Kemendag) Indrasari Wisnu Wardhana,

Dalam hal ini, Jokowi meminta agar dilakukan pengusutan terhadap pihak yang berurusan dengan minyak goreng.
“Kemarin Kejaksaan Agung sudah menetapkan empat tersangka urusan minyak goreng ini dan saya minta diusut tuntas sehingga kita bisa tahu siapa ini yang bermain, bisa ngerti,” kata Jokowi dalam pernyataan pers di Sumenep seperti dalam tayangan video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/4/2022).

Jokowi juga mengungkapkan bahwa minyak goreng saat ini masih menjadi masalah yang dihadapi. Ia mengaku pemerintah telah memberikan subsidi BLT minyak goreng.

Baca Juga :   Cabang Dinas III Provinsi Jawa Tengah Dukung Pembelajaran Daring

“Jadi memang harganya tinggi karena apa harga di luar harga internasional itu tinggi banget sehingga kecenderungan produsen itu penginnya ekspor karena memang harganya tinggi di luar. Oleh sebab itu, kebijakan-kebijakan kita misalnya penetapan HET untuk minyak curah, kemudian subsidi ke produsen ini kita lihat sudah berjalan beberapa minggu ini belum efektif, di pasar saya lihat minyak curah banyak yang belum sesuai dengan HET yang kita tetapkan, artinya memang ada permainan,” jelas Jokowi.