oleh

Menko Marves Luhut Panjaitan Bertemu Elon Musk

Mitrapost.com – Dalam agendanya ke luar negeri, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan didampingi Anindya Bakrie mengunjungi Gigafactory Tesla yang terletak Austin, Texas, Selasa (26/4/2022).

Pada momentum itu, mereka disambut dengan hangat oleh CEO Tesla Inc, Elon Musk.

“Alhamdulillah mendapatkan kesempatan bertemu dengan @elonrmuskk mendampingi Menteri Koordinator @luhut.pandjaitan bersama tim Marinvest, Duta Besar @rosanroeslani, dan beberapa teman pengusaha di Gigafactory Tesla yang terbaru (1000 Ha) di Austin, Texas,” ujar Anindya lewat Instagram-nya.

Terlihat Luhut, Anindya, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Amerik Serikat Rosan Roeslani dan beberapa pengusaha asal Indonesia lainnya diajak oleh Musk mengelilingi pabrik mobil dan baterai Tesla. Luhut pun berkesempatan foto bareng orang terkaya nomor satu dunia.

Baca Juga :   Fantastis, Pembersih Kaca Burj Khalifa Digaji Rp 59 Juta

“Luar biasa pengaturan supply chain-nya yang efektif dan rapih di pabrik Tesla!” ungkap Anindya.

Tujuan dari pertemuan tersebut adalah mengajak Tesla bekerja sama dengan Indonesia berkenaan dengan penyediaan dan pengolahan nikel sebagai bahan baku pembuatan sel baterai yang berlandaskan environment, social, dan governance (ESG).

Ia juga menggunakan kesempatan khusus itu untuk mengundang Musk bergabung ke International Advisor Caucus di acara B20 yang akan diadakan pertengahan November 2022.

“Pada kesempatan yang baik ini, kami juga untuk memaparkan program G20/B20, termasuk mengundang beliau untuk bergabung ke International Advisory Caucus B20 dan hadir di acara B20 di pertengahan November ini,” imbuhnya.

Perlu diinformasikan, sebelumnya Luhut mengumumkan bahwa Tesla tertarik untuk berinvestasi di Indonesia. Akan tetapi, karena terlalu dinilai mengintervensi Pemerintah Republik Indonesia (RI), akhirnya kerjasama itu dibatalkan.

Baca Juga :   Terlibat Skandal Ekonomi di Intan Jaya, Luhut Dilaporkan ke Polisi

“Saya bilang, ‘Hey Anda itu dua tahun yang lalu sudah telepon saya mau bikin lithium baterai’. Anda semua mau mendikte, saya bilang, ‘Hey you cannot do this. Today is different. Kita harus sama’. Saya bilang, ‘Kamu nggak bisa begitu lagi. This country is not banana republic! This country is a great country!” ucap Luhut.

Dengan tegas, Menko Marves menekan agar Tesla mau mengikuti syarat yang diterapkan di Indonesia, bukan kebalikannya. (*)

 

 

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul “Luhut Bertemu Elon Musk Bareng Anindya Bakrie Ajak Investasi di RI.”