Jokowi Undang Presiden Ukraina Dalam KTT G20

Mitrapost.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui akan mengundang Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dalam KTT G20 Bali.
“Dalam pembicaraan per telepon kemarin saya mengundang Presiden Zelensky untuk hadir di KTT G20,” kata Jokowi dalam pernyataan pers, Jumat (29/4/2022).

Dalam hal ini, Jokowi mengatakan peran G20 sangat penting untuk pemulihan ekonomi dunia.

“Kita paham bahwa G20 memiliki peran sebagai katalisator dalam pemulihan ekonomi dunia, dan kalau kita bicara mengenai pemulihan ekonomi dunia maka terdapat dua hal besar yang mempengaruhi saat ini, pertama pandemi COVID-19 dan yang kedua perang di Ukraina,” tutur Jokowi.

Presiden Indonesia itu mengungkapkan harapannya agar perang antara Ukraina dan Rusia dapat berakhir.

Baca Juga :   Pangeran Charles Berharap Jokowi Sukses Pimpin Presidensi G20

“Saya sampaikan mengenai harapan agar perang dapat segera dihentikan dan solusi damai melalui perundingan dapat dikedepankan,” kata Jokowi.

Perlu diketahui sebelumnya, adanya kabar komunikasi antara Jokowi dengan Zelenski ini dari cuitan yang ditulis Zelensky melalui Twitternya.
“Sempat berbincang dengan Presiden Jokowi. Terima kasih atas dukungan kedaulatan dan integritas teritorial, khususnya untuk posisi yang jelas di PBB. Isu ketahanan pangan dibahas,” tulis Zelensky dalam cuitannya, pada Rabu (27/4).