Kerennya Pengelolaan TPS Sarirejo, Tukang Sampah Dapat Tunjangan Hari Tua

Pati, Mitrapost.com – Sampah masih menjadi masalah lingkungan yang serius di Indonesia.  Tempat Pengolahan Sampah (TPS) tingkat desa/kelurahan menjadi salah satu solusi jitu untuk mengatasi permasalahan ini.

Mitrapost.com mengunjungi TPS Sarirejo Sehat, di Desa Sarirejo, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah untuk mendalami eksistensi relawan sampah di sana.

TPS Sarirejo Sehat berdiri di atas tanah seluas 485 meter persegi. Terdiri dari bangunan kantor dan  gedung hanggar seluas 10×20 meter untuk memproses kompos.

Sampah yang tertampung di TPS kemudian dipilah oleh petugas. Ada yang dijual rosok dan diproses untuk dijadikan kompos. Sementara residunya dibuang di TPA pusat.

Cahadi salah seorang pengurus TPS setempat mengatakan, dibutuhkan manajemen yang matang agar TPS terus dapat beroperasi, bukan sekedar mengandalkan kuantitas relawan.

Baca Juga :   Triwulan I, Jasa Raharja Pati Salurkan Dana Rp13,8 Miliar untuk Santunan Kecelakaan

Ia menceritakan, TPS Sarirejo Sehat berdiri sejak tahun 2017. Dikelola secara swadaya, tidak terikat pemerintah daerah, kecamatan, maupun desa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati