oleh

Wabah PMK Sapi Menyebar di Rembang

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Rembang, Mitrapost.com – Empat sapi di Kabupaten Rembang terdeteksi virus penyebab Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, khususnya sapi.

Hal itu diketahui saat Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang melakukan sampling pada sapi yang dicurigai sakit.

Kepala Dintanpan Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto mengungkapkan, pihaknya mulai melakukan pengambilan sampel pada ternak sapi saat mengetahui wabah PMK tersebut telah menyebar di sebagian wilayah Jawa Timur.

Kekhawatiran itu lantaran Kabupaten Rembang merupakan daerah di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan provinsi paling timur pulau Jawa tersebut.

Sampel diambil pada hari Minggu (8/5/2022) kemarin pada peternakan Sapi di Desa Kedungmulyo, Kecamatan Kaliori dan baru diketahui Selasa (10/5/2022).

Baca Juga :   Rembang Akan Jadi Tempat Tujuan Investasi, Lapangan Pekerjaan Akan Terbuka Lebar

“Pada hari Minggu tanggal 8 Mei, terdapat empat sapi di desa Kedungmulyo, Kecamatan Kaliori yang dicurigai menderita PMK, dan kemarin Selasa hasilnya positif,” ungkap Agus.

Mulai mewabahnya virus penyebab PMK ini tentu menjadi kewaspadaan khususnya bagi pemerintah Kabupaten Rembang.  Hal itu dikarenakan, virus tersebut memiliki tingkat penularan yang sangat tinggi.

Kendati demikian, sapi-sapi yang telah dinyatakan positif PMK tersebut telah mendapatkan penanganan oleh tim kesehatan hewan dan ternak Dintanpan Rembang. Sehingga diharapkan, Rembang terbebas dari kasus PMK.

“Kemarin segera ditangani, dan saat ini kondisinya sudah semakin membaik,” imbuhnya.

Sebagai upaya antisipasi untuk menangani virus yang membludak, Dintanpan Kabupaten Rembang segera mengadakan sosialisasi kepada para peternak agar peternakan melakukan upaya preventif kepada ternak mereka.

Baca Juga :   Tekan Angka Covid-19, Pasar di Rembang Ditutup Setiap Jumat

Agus menyebutkan, pemberian vitamin pada hewan ternak dapat mencegah hewan ternak utamanya sapi agar tak tertular virus mematikan tersebut. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar