Guru dan Orangtua Diminta Proaktif Tangkal Hepatitis pada Anak

Pati, Mitrapost.com – Proses investigasi kasus hepatitis akut masih terus berlanjut. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati menyebut bahwa Pati masih berada dalam kondisi aman.

Namun demikian, Wakil Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Endah Sri Wahyuningati mengimbau agar kasus ini tetap diwaspadai.

Ia meminta masyarakat terutama orangtua dan guru untuk selalu mengawasi pola hidup sehat anak-anak dan remaja. Pasalnya, kedua golongan tersebut cukup rentan terpapar hepatitis.

Orangtua diminta untuk mengawasi protokol kesehatan anak. Ia menilai penerapan protokol kesehatan saat ini sudah semakin kendur seiring menurunnya kasus Covid-19.

“Hepatitis, harapan kami orangtua perhatikan anak. Sedini mungkin ini menjadi suatu yang diwaspadai bahwa kadang-kadang ketika merasa tidak ada pandemi kebiasaan hidup sehat dengan prokes ini diabaikan,” kata wanita yang akrab disapa Mbak Ning itu saat diwawancara awak media usai audiensi dengan Forum Komunikasi Bidan Honorer di Gedung DPRD Kabupaten Pati, Sabtu (14/5/2022).