oleh

Guru dan Orangtua Diminta Proaktif Tangkal Hepatitis pada Anak

Pati, Mitrapost.com – Proses investigasi kasus hepatitis akut masih terus berlanjut. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati menyebut bahwa Pati masih berada dalam kondisi aman.

Namun demikian, Wakil Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Endah Sri Wahyuningati mengimbau agar kasus ini tetap diwaspadai.

Ia meminta masyarakat terutama orangtua dan guru untuk selalu mengawasi pola hidup sehat anak-anak dan remaja. Pasalnya, kedua golongan tersebut cukup rentan terpapar hepatitis.

Orangtua diminta untuk mengawasi protokol kesehatan anak. Ia menilai penerapan protokol kesehatan saat ini sudah semakin kendur seiring menurunnya kasus Covid-19.

“Hepatitis, harapan kami orangtua perhatikan anak. Sedini mungkin ini menjadi suatu yang diwaspadai bahwa kadang-kadang ketika merasa tidak ada pandemi kebiasaan hidup sehat dengan prokes ini diabaikan,” kata wanita yang akrab disapa Mbak Ning itu saat diwawancara awak media usai audiensi dengan Forum Komunikasi Bidan Honorer di Gedung DPRD Kabupaten Pati, Sabtu (14/5/2022).

Baca Juga :   Tak Lolos PPPK, Guru SDN Sidokerto 01 Wadul ke Dewan

Politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) itu menambahkan, orangtua perlu menekan penularan hepatitis dari apa yang dikonsumsi oleh anak. Oleh karena itu, orangtua diminta lebih selektif dalam memberikan asupan makanan pada anak.

“Seperti kita tahu semua sumber penyakit hepatitis ini lebih kepada kebersihan dan kebiasaan tidak sehat. Makanan yang mengandung pengawet aditif dan sebagainya berpotensi bisa menular. Ketika tidak ditangani bisa menjadi penyakit lain yang berbahaya,” terang Ning.

Terakhir, Mbak Ning juga meminta kepada para guru di sekolah mengawasi pola jajan anak, terlebih di masa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, lebih baiknya para murid dianjurkan untuk membawa bekal masing-masing daripada jajan di sembarang tempat.

Baca Juga :   Puan Maharani Ingin Pemerintah Penuhi Hak Pekerja Lewat THR

“Harus ada informasi yang lebih intens kepada para guru meskipun ini tidak mudah. Makanan kan sudah ada gorengan kadang tidak terlalu terjamin . Orangtua dan guru kita titipin sebagai pengawas lingkungan,” tandas dia. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com . Mari bergabung di Grup Telegram "Mitrapostcom_Official", caranya klik link https://t.me/Mitrapostcom_Official, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar

Berita Terkait