Bupati Pati Beri Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Soal Raperda Industri

Pati, Mitrapost.com – Bupati Pati Haryanto menyampaikan jawaban atas pandangan umum dari masing-masing Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati perihal Rencana Peraturan Daerah (Raperda) tentang Industri pada Rabu (25/5/2022).

Dalam agenda rapat yang digelar di Ruang Paripurna Gedung DRPD Kabupaten Pati tersebut juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dan beberapa jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati lainnya.

Dalam sambutannya, Haryanto pertama kali menanggapi soal pandangan umum dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang berharap agar Raperda tentang Industri mampu mewujudkan industri yang mandiri dan berdaya saing maju.

Selanjutnya Fraksi PDIP mengharapkan Raperda Industri juga menyoal tentang wawasan lingkungan. Selain itu juga pemerataan pembangunan industri yang berdampak pada kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat secara berkeadilan.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 Melonjak, Masyarakat Diimbau Tetap Jaga Prokes dan Tidak Panik

“Perihal pandangan umum dari Fraksi di DPRD soal Raperda Industri di Kabupaten Pati, yang pertama dari Fraksi PDIP terkait dengan industri yang mandiri, berdaya saing maju serta berwawasan lingkungan. Hal demikian tentunya menjadi perhatian kami dalam mengimplementasikan kebijakan nantinya,” kata Haryanto saat rapat paripurna.

Lebih lanjut, Haryanto juga menanggapi pandangan umum dari Fraksi Partai Demokrat perihal perlu diperhatikannya kondisi lahan dari aspek bencana alam.

Kemudian, soal aksesibilitas kawasan industri juga harus mempermudah penyediaan logistik dan bahan baku.

Selain itu juga terkait dengan penyerapan tenaga kerja harus melibatkan masyarakat sekitar industri. Dan pengadaan kawasan industri harus sesuai dengan AMDAL serta tidak mencemari lingkungan.

Baca Juga :   Prajurit TNI Diduga Tusuk Diri Sendiri

“Kedua dari Fraksi Partai Demokrat, pada prinsipnya kami sepakat dengan pandangan umum yang telah disampaikan, yang selanjutnya Pemkab Pati akan menjadikan perhatian pandangan tersebut untuk penentuan Raperda pada proses berikutnya,” ungkapnya.

Usai memberikan jawaban dari pandangan masing-masing fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Pati. Kemudian, Haryanto menerangkan bahwa masukan dari fraksi merupakan upaya untuk penyempurnaan Raperda tentang Industri di Kabupaten Pati.

Menurutnya dengan adanya usulan tersebut nantinya akan menjadi masukan bagi Pemkab Pati. Lebih lanjut, Raperda akan dilakukan penggodokan lebih dalam lagi agar sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat.

“Adapun saran dan masukan yang telah disampaikan kami menerimanya. Untuk lebih lanjut akan ada pembahasan di tingkat pansus. Dan ini akan masih terus berlanjut,” pungkas Haryanto. (*)

Baca Juga :   Ada 5 Ribu Warga Tak Ber-NIK, Dewan Pati Dorong Disdukcapil Segara Urus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral