BMKG Peringatkan Adanya Potensi Gelombang Tinggi di Beberapa Wilayah Perairan

Mitrapost.com – Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan terkait adanya potensi gelombang tinggi yang akan terjadi di beberapa wilayah perairan.

Peringatan dini gelombang tinggi hingga 4 meter, berpotensi terjadi pada hari Senin (30/5/2022) hingga Selasa (31/5/2022).

Berdasarkan keterangan BMKG, hal tersebut disebabkan adanya pola angin di wilayah Tanah Air bagian utara yang dominan bergerak dari Barat Daya-Barat dengan kecepatan angin berkisar 4-20 knot.

Sementara itu, di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat-Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 8-20 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, Laut Natuna Utara, Samudra Hindia Selatan Jawa, Laut Halmahera dan perairan utara Papua Barat,” demikian siaran pers BMKG, Senin (30/5/2022).

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca Kabupaten Pati, Selasa 13 Juli 2021

BMKG juga menambahkan, situasi tersebut dapat menyebabkan terjadinya peningkatan gelombang setingii 1.25-2.5 meter di perairan timur P. Simeulue, perairan barat P. Nias, perairan Bengkulu, dan perairan selatan Lombok-NTB – P Sumba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati