BMKG Peringatkan Adanya Potensi Gelombang Tinggi di Beberapa Wilayah Perairan

Mitrapost.com – Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan terkait adanya potensi gelombang tinggi yang akan terjadi di beberapa wilayah perairan.

Peringatan dini gelombang tinggi hingga 4 meter, berpotensi terjadi pada hari Senin (30/5/2022) hingga Selasa (31/5/2022).

Berdasarkan keterangan BMKG, hal tersebut disebabkan adanya pola angin di wilayah Tanah Air bagian utara yang dominan bergerak dari Barat Daya-Barat dengan kecepatan angin berkisar 4-20 knot.

Sementara itu, di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat-Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 8-20 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, Laut Natuna Utara, Samudra Hindia Selatan Jawa, Laut Halmahera dan perairan utara Papua Barat,” demikian siaran pers BMKG, Senin (30/5/2022).

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca Kabupaten Pati, Selasa 13 Juli 2021

BMKG juga menambahkan, situasi tersebut dapat menyebabkan terjadinya peningkatan gelombang setingii 1.25-2.5 meter di perairan timur P. Simeulue, perairan barat P. Nias, perairan Bengkulu, dan perairan selatan Lombok-NTB – P Sumba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati