oleh

Hindari Kemacetan Pengantar Jemaah Haji, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Pati, Mitrapost.com – Pada momentum pemberangkatan kloter pertama calon jemaah haji Kabupaten Pati tahun 2023 pada Jumat (3/6/2022) mendatang, sejumlah jalan strategis menuju alun-alun Simpang 5 Pati akan ditutup atau dialihkan.

Kaur Bin Ops Satlantas Polres Pati, Ipda Muslimin menerangkan, pengalihan lalu lintas ini dilakukan untuk menghindari kemacetan kendaraan umum yang bersinggungan dengan ratusan massa pengantar jemaah calon haji.

Perlu diketahui, tahun ini Kabupaten Pati memberangkatkan sebanyak 695 calon jemaah haji. Jumlah ini digadang-gadang paling tinggi kedua se-Provinsi Jawa Tengah.

“Itu kan sifatnya penutupan sementara hanya beberapa jam saja saat rombongan mau berangkat atau calon jemaah mau datang ke kantor Pemda dan alun-alun,” katanya saat dihubungi hari ini, Kamis (2/6/2022).

Baca Juga :   Demi Kendalikan Hama Tikus, Petani Diminta Membuat Rumah Burung Hantu

Adapun jalan-jalan strategis yang ditutup saat pemberangkatan jemaah haji diantaranya adalah Jl. kartini, Jl Tondonegoro. Jl. dokter Wahidin, Jalan Pecinan, dan Gang Pegadaian.

Jalan-jalan tersebut nantinya akan digunakan untuk parkir kendaraan para pengantar jemaah haji. Sehingga jalan-jalan terkait disterilkan dari kendaraan umum.

Untuk membedakan kendaraan pengantar jemaah dan kendaraan umum, petugas memberlakukan skenario khusus. Kendaraan pengantar yang boleh memasuki alun-alun akan ditempeli stiker khusus dari Kemenag.

Lanjut Muslimin, untuk suksesi penutupan jalan menuju alun-alun, setidaknya Polres Pati akan mengerahkan 25 personel.

Selain Polres, ada juga tim gabungan yang akan ikut mengamankan penutupan jalan, diantaranya TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, hingga tim dari kantor Kementerian Agama.

Baca Juga :   BPBD Pati Siap Bantu Logistik hingga Buat Dapur Umum untuk Korban Banjir

“Ini kegiatan rutin, kita akan kerahkan 25 personel Satlantas dilibatkan. Jam 12.00 malam apel, setelah itu menempati pos masing-masing sampai rombongan kloter haji berangkat,” jelas Muslimin. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral