LPJ APBD 2021 Dapat Sorotan DPRD, Begini Jawaban Bupati Pati

Pati, Mitrapost.com – Bupati Pati Haryanto pada hari ini Kamis (9/6/2022) memberikan jawaban atas usulan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati dalam Rapat Paripurna yang membahas Pandangan Umum Fraksi Rancangan Pembangunan Daerah (Raperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2021.

Dalam penyampaiannya, Bupati Pati menjawab usulan dari delapan Fraksi di DPRD Kabupaten Pati terkait masalah refocusing anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19. Sebelumnnya usulan itu disampaikan oleh Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI), dan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Rapat Paripurna sebelumnya.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati telah melakukan refocusing untuk menganggarkan program dan kegiatan penanganan pandemi Covid-19 sesuai dengan ketentuan yang diwajibkan oleh Pemerintah Pusat,” ucap Haryanto saat menyampaikan jawabannya.

Baca Juga :   Hak Jawab: RS KSH Sebut Telah Penuhi Standar Pengolahan Limbah

” Kemudian Pemkab juga telah melaporkan realisasi anggaran tersebut setiap bulannya ke Direktorat Jenderal Pertimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, ” sambung dia.

Kemudian, ia menjawab program terkait yang diambil Pemkab Pati dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang disampaikan oleh Fraksi Demokrat dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

” Langkah yang diambil Pemkab Pati dalam meningkatkan PAD yaitu dengan melakukan ekstensifikasi dan intensifikasi potensi PAD yang menjadi kewenangan daerah melalui percepatan dan penyelarasan regulasi pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah sesuai Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022, ” jelasnya.

Selain itu, untuk seputar kesehatan dan pendidikan yang disampaikan oleh Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Fraksi Golongan Karya (Golkar) dan Fraksi Nasional Demokrat (NasDem), Bupati Pati akan terus mengoptimalkan anggaran kesehatan dan pendidikan di lingkup Kabupaten Pati.

Baca Juga :   Dewan Pati Sarankan Edukasi Tentang Ilmu Gizi Terhadap Para Ibu

Dalam penutupannya, Bupati Pati mengucapkan banyak terimakasih untuk seluruh fraksi yang menyampaikan pandangannya.

” Melalui mimbar yang terhormat ini, saya mengucapkan banyak terimakasih dan sekaligus ingin menyampaikan permohonan maaf karena belum bisa memberikan kepuasan. Untuk selanjutnya dapat dibahas lebih cermat pada Badan Anggaran dan rapat-rapat komisi, ” tandas Haryanto. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral