oleh

Jokowi Batalkan Tarif Naik Borobudur, DPR Beri Apresiasi

Mitrapost.com – Syaiful Huda selaku Ketua Komisi X DPR memberikan apresiasi atas keputusan Presiden Joko Widodo yang membatalkan tarif naik Candi Borobudur.

Diketahui bahwa tarif kenaikan tersebut mencapai Rp 750 ribu bagi wisatawan lokal, sedangkan bagi turis asing sebesar USD 100.

Dalam hal ini, Huda menyakini kebijakan yang telah dibuat itu untuk menjaga kelestarian candi.
“Kami tentu sangat mengapresiasi langkah tegas Presiden Jokowi yang membatalkan wacana tarif naik Candi Borobudur yang sempat dilontarkan Menko Maritim dan Investasi Luhut B Panjaitan beberapa waktu lalu. Kami yakin ada banyak cara untuk menjaga kelestarian candi alih-alih memasang tarif tinggi bagi wisatawan yang ingin naik ke Stupa Borobudur,” ujar Huda dalam keterangan tertulis dikutip dari Detik News, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga :   Pasca Libur Lebaran, Sejumlah UMKM Promosikan Produknya di Berbagai Event

Huda mengatakan upaya melindungi bangunan candi ini dapat dilakukan dengan pembatasan jumlah pengunjung.
“Tidak ada jaminan jika tarif tinggi akan menurunkan ancaman kerusakan Candi Borobudur. Harusnya ketegasan melindungi Borobudur diterjemahkan dengan pembatasan jumlah pengunjung sesuai kajian Balai Konservasi Borobudur,” ujar politikus PKB itu.

“Nantinya Borobudur hanya bisa dinikmati oleh mereka yang berduit saja. Bahkan bagi umat Buddha kebijakan tarif tinggi tersebut akan mengancam kebebasan mereka untuk menjalankan ibadah di Kawasan Candi Borobudur,” ujar Huda.

“Maka keputusan Presiden Jokowi untuk membatalkan wacana tarif untuk naik Candi Borobudur dengan aspirasi mayoritas masyarakat,” tambah dia.

Dalam hal ini, Huda mengatakan pihaknya akan terus mengawal kebijakan yang dikeluarkan untuk menjaga kelestarian Candi Borobudur.

Baca Juga :   Presiden Resmikan Jembatan Sei Alalak Banjarmasin

“Kami dari Komisi X DPR akan terus mengawal proses tersebut sehingga kebijakan yang dilahirkan oleh pemerintah bisa tetap menjaga kelestarian Borobudur dan menjaga kepentingan pelaku wisata di kawasan tersebut,” kata dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Detik News dengan judul “Komisi X DPR Apresiasi Jokowi Batalkan Wacana Tarif Naik Borobudur”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral