Mendag Rencanakan Akan Ubah Kemasan Minyak Goreng Curah Menjadi Lebih Higienis

Mitrapost.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan merencanakan akan mengubah kemasan minyak goreng curah menjadi lebih higienis.

Rencana tersebut akan dilakukan secara bertahap. Ia juga memastikan bahwa pihaknya tidak akan menghapus minyak goreng curah.

“Saya tidak mengatakan dihapus, tapi harus lebih baik saja, jangan bilang dihapus, tidak ada. Jalan keluarnya seperti kemasan sederhana,” ujar Zulkifli, Kamis (16/6/2022).
Ia menambahkan, perubahan kemasan tersebut tidak dapat dilakukan saat ini, karena harganya yang sedang tinggi. Tambahnya, masih memerlukan waktu beberapa bulan lagi.
“Kalau curah dihapus, ini belum siap, tambah rusak lagi, bertahap. Harus jelas peta jalannya, kemasan perlu waktu dua, tiga, lima bulan ke depan,” tambahnya.
Zulkifli menyebut, dalam usahanya untuk memastikan minyak goreng curah sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp 14 ribu per liter, pemerintah akan terus melakukan operasi pasar dan mendorong produsen untuk memasok tempat yang mengalami kekurangan pasokan.
“Kami akan keliling titik yang rawan (kekurangan pasokan) dan melakukan pemetaan titik yang rawan ini,” bebernya.
Sebagai informasi, pemerintah sebelumnya berencana ingin menghapus minyak goreng curah secara bertahap dan menggantinya dengan kemasan sederhana.
Adapun alasan pergantian tersebut dilakukan lantaran minyak curah dinilai kurang higienis.
“Nanti secara bertahap kita akan hilangkan curah menuju kemasan sederhana. Karena curah itu kurang higienis. Itu yang akan kita lakukan,” ucap Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Jumat (10/6). (*)

Baca Juga :   Kapolri Minta HIPMI Kawal Kebijakan Pemerintah Terkait Pertumbuhan Ekonomi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati