oleh

Meski Tak Ada Rekrutmen Guru PNS, Kuliah Jurusan Keguruan di Pati Masih Jadi Primadona

Pati, Mitrapost.com – Absennya rekrutmen guru pegawai negeri sipil (PNS) dalam dua tahun terakhir tidak mempengaruhi minat kuliah jurusan keguruan di Sekolah tinggi di Pati.

Hal ini dinyatakan oleh Kepala Sekolah Tinggi Agama Islam Pati (STAIP), Aida Husna. Dari data pendaftar dalam tiga tahun terakhir, prodi Tarbiyah atau keguruan di STAIP masih menjadi primadona dibandingkan prodi yang lain.

“Kalau dibandingkan prodi yang lain, PAI itu masih primadona. Terkait tidak ada CPNS untuk guru, bukan alasan yang mendasari penurunan jumlah mahasiswa,” ujar Aida saat ditemui Mitrapost.com di kantornya hari ini, Senin (27/6/2022).

STAIP Pati pada tahun ini bahkan membuka prodi baru di Jurusan Tarbiyah, yakni Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), dan menurutnya prodi baru ini cukup diminati.

Diterangkannya, tingginya animo pendaftar di jurusan keguruan di Pati menurutnya disebabkan banyak faktor. Salah satunya dengan banyaknya lembaga pendidikan madrasah berbagai jenjang, MI, MTs, dan MA.

“Untuk profesi pendidik tidak hanya ke ASN. Jumlah madrasah yang cukup tinggi di Pati sedikit berpengaruh kepada animo masyarakat masuk di jurusan pendidikan,” Imbuhnya.

Selain itu, peluang berbisnis di sektor pendidikan masih menjanjikan, mengingat pendidikan adalah sektor yang esensial.

Lulusan sekolah tinggi jurusan keguruan tidak harus menjadi guru, bisa menjadi mentor atau pengusaha bimbingan belajar yang penghasilannya bisa melebihi profesi guru honorer bahkan ASN.

Lanjut Aida, Meskipun demikian, dalam dua tahun terakhir ia merasakan terjadi penurunan pendaftar di STAIP. Namun, bukan lantaran faktor tidak ada seleksi CPNS, melainkan akibat terdampak Pandemi Covid-19.

Hal ini menurutnya tidak hanya mendampak kepada satuan perguruan tinggi swasta saja, begitupun dengan perguruan tinggi (PT) negeri. Hal ini dibuktikan dengan masa penerimaan mahasiswa baru (PMB) PT negeri yang lebih lama dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral