oleh

Kuota Asuransi Perlindungan Nelayan Rembang Capai 4.259 Orang Tahun Ini

Rembang, Mitrapost.com – Setiap tahunnya Kabupaten Rembang mendapatkan kuota asuransi nelayan paling banyak se-Jawa Tengah. Bahkan pernah dalam 1 tahun, Rembang mendapat kuota 5000 orang.

Hal ini karena Rembang memiliki pantai kurang lebih 64 kilometer, yang menyebabkan sebagian besar masyarakat Rembang bekerja sebagai nelayan.

Sub Koordinator Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan Dinlutkan, Herry Martono mengungkapkan untuk Kabupaten Rembang sendiri tahun 2022 ini mendapat kuota asuransi nelayan sebanyak 4.259 orang.

Kuota asuransi bagi nelayan ada yang dari pemerintah pusat dan ada yang pemerintah provinsi. Sedangkan premi asuransi nelayan gratis diperuntukkan bagi nelayan yang bekerja dengan kapal berbobot di bawah 10 GT.

“Kuota asuransi nelayan tahun ini yang dari pemprov 3.759 orang dan 500 orang dari pemerintah pusat. Premi asuransi nelayan gratis ini diperuntukan bagi nelayan yang bekerja dengan kapal berbobot di bawah 10 GT,” terang Martono saat penyerahan klaim asuransi, Senin (27/06/2022).

Baca Juga :   Pembangunan Masjid di Watupecah, Pemkab Rembang Gelontorkan Dana Hibah Rp100 Juta

Kendati demikian, pekerjaan sebagai nelayan memiliki resiko tinggi sehingga butuh perlindungan dan pemberdayaan dengan diadakannya asuransi bagi nelayan.

Dirinya menyebutkan, saat ini klaim asuransi bagi nelayan untuk Rembang total senilai Rp 346 juta lebih dari 13 nelayan.

“Nelayan pekerjaan beresiko, ini diadakan asuransi bagi nelayan untuk Rembang total senilai Rp 346 juta lebih dari 13 nelayan,” ucap Martono.

Ia menjelaskan belasan nelayan yang mendapatkan klaim asuran saat ini, ada yang disebabkan meninggal dunia, terluka, dan cacat tetap karena kecelakaan saat melaut.

“Belasan nelayan yang mendapat klaim asuransi disebabkan meninggal dunia, terluka, dan cacat tetap karena kecelakaan saat melaut. Serta nelayan yang meninggal tidak karena kecelakaan saat melaut juga mendapat klaim asuransi,” terangnya. (*)

Baca Juga :   Badan Kesbangpol Tegaskan Pati Masih Belum Ada Paham Khilafatul Muslimin

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral