oleh

Disdikbud Pati Dapat Kucuran Dana Rp10 Miliar Guna Pembangunan SD

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com – Pemerintah Pusat mengucurkan dana sebesar Rp10 miliar kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati untuk renovasi dan pembangunan puluhan gedung Sekolah Dasar (SD).

Menurut Sa’dun selaku Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Dasar, kucuran dana dari Pemerintah Pusat akan digunakan untuk renovasi kelas, renovasi perpustakaan, dan renovasi beberapa ruang sekolah di 26 SD.

“Dana Rp10 Miliar itu hanya untuk rehab, seperti rehab kelas, perpustakaan, atau rehab ruang yang ada di sekolah,” ucap Sa’dun saat dihubungi Mitrapost.com, Kamis (30/6/2022).

Tetapi ia juga mengungkapkan bahwa dana sebesar Rp10 miliar itu lebih banyak untuk renovasi atau rehab ringan.

“Pembangunan ada tapi nilainya sedikit, dan yang diutamakan hanya renovasi atau rehab ringan. Dan rehab pun tergantung kondisi sekolah,” ujar Kabid Pembinaan SD tersebut.

Baca Juga :   Harga Kepokmas Merangkak Naik Jelang Ramadan, Ini Tanggapan Dewan

Sebelumnya, data dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menuliskan bahwa dana pendidikan sejak tahun 2010 hingga tahun 2022 adalah sebesar Rp99,1 triliun.

Adapun dana tersebut meliputi seluruh jenjang pendidikan, mulai dari TK hingga Universitas. Termasuk di dalamnya dana abadi penelitian sebesar Rp8 triliun, dana abadi perguruan tinggi Rp7 triliun, serta dana abadi kebudayaan Rp3 triliun.

Pemerintah juga telah mengalokasikan 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk sektor pendidikan.

Alokasi untuk anggaran pendidikan bergantung pada besaran APBN setiap tahunnya. Apabila APBN-nya naik, semakin meningkat pula anggaran pendidikan di tahun tersebut. (*)

Komentar