Kasus DBD di kabupaten Klaten Terus Alami Peningkatan

Klaten, Mitrapost.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Klaten menyebutkan bahwa kasus epidemi Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah setempat terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan data Dinkes Klaten hingga pekan ke-27 tahun 2022, tercatat 297 kasus DBD. Dimana 14 diantaranya menyebabkan pasien meninggal.

Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Klaten, Wahyuning Nugraheni mengatakan bahwa kasus kematian akibat DBD terjadi lantaran adanya keterlambatan akses penanganan medis.

“Ini terjadi karena sebagian masyarakat masih khawatir gejala yang dikeluhkan akan dimasukkan dalam gejala Covid-19. Padahal nakes (tenaga kesehatan) akan membedakan penanganan pasien gejala Covid dan non-Covid,” paparnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (13/7/2022).

Baca Juga :   Kasus Covid-19 di Temanggung Terus Menurun

Ia juga menambahkan bahwa kondisi tersebut dapat memperlambat penanganan medis. Padahal DBD memiliki siklus yang harus dipahami dan dipantau. Sehingga dibutuhkan keterangan yang jelas dari pihak pasien terkait gejala hingga waktu permulaan sakit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati