Hujan Meteor Akan Terjadi Pada Akhir Bulan Juli Ini

Mitrapost.com – Fenomena dua hujan meteor diprediksi akan terjadi pada akhir bulan Juli 2022 ini. Dua hujan meteor tersebut yaitu Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids.

Hal tersebut dijelaskan oleh peneliti utama bidang Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin.

Masyarakat Indonesia pun bisa melihat fenomena ini karena hujan meteor terjadi di wilayah langit Selatan.

Fenomena hujan meteor sendiri sebenarnya terjadi setiap tahun. Fenomena yang disebut hujan meteor adalah ketitak sejumlah meteor meluncur silih berganti dari titik tertentu di langit. Meteor tersebut akan terlihat seperti bintang jatuh.

Meteor sendiri merupakan batuan atau debu antar-planet yang memasuki atmosfer lalu terbakar karena gesekan atmosfer.

Baca Juga :   Diduga Korsleting, Mobil Panther Ludes Terbakar di Pati

Fenomena hujan meteor Alpha-Capricornids ini bisa diamati pada tanggal 30 hingga 31 Juli 2022 mendatang mulai pukul 20.00 WIB dilihat di ufuk Timur.

“Hujan meteor Alpha-Capricornids ini bisa diamati pada 30 – 31 Juli 2022 mulai pukul 20.00 WIB di ufuk timur. Namun waktu terbaik adalah setelah lewat tengah malam di arah langit selatan. Diperkirakan ada sekitar 5 meteor per jam yang tampak melintas di langit. Hujan meteor ini berasal dari gugusan debu komet 169P/NEAT yang berpapasan dengan bumi,” ungkapnya dari laman BRIN dilansir dari Kompas.