Temuan Disabilitas Mental Terus Bertambah, Pati Kekurangan Panti Rehabilitasi

Pati, Mitrapost.com – Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah masih kekurangan panti rehabilitasi untuk menangani orang dalam gangguan jiwa di daerah setempat.

Plt Kabid Rehabilitasi dan Jaminan Sosial pada Dinsos Pati Tri Haryumi mengatakan, temuan disabilitas mental di Kabupaten Pati dinamis dan cenderung meningkat setiap tahunnya.

Ia mengatakan, setiap pekannya, Dinsos rata-rata bisa menemukan 2-5 penyandang disabilitas mental baru. Belum lagi kiriman dari daerah lain.

“Pati ini menginduk di Balai Margolaras. Tapi mengirim penyandang disabilitas harus antre. Soalnya di sana penuh. Jadi sementara ini yang belum tertampung, relawan yang mengurusnya,” kata Tri Haryumi.

Untuk mengurangi hunian kaum disabilitas mental di balai Margolaras, selain melakukan upaya rehabilitasi, Pemkab Pati juga melakukan penanganan lain seperti mengembalikan kepada keluarga atau merujuk ke RSUD RAA Soewondo Pati untuk perawatan.

Baca Juga :   Jemaah Muhammadiyah Pati Gelar Sholat Ied di Stadion Joyokusumo Besok

“Jadi mereka kami rujuk ke RSUD selama tujuh hari. Lalu, kami mencari keluarga mereka melalui KTP. Jika tidak ada, kami arahkan ke panti. Misalnya, di Rembang dan Semarang. Soalnya Pati belum ada,” tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati