Hingga Agustus Belum Ada Bantuan Air Bersih di Pati

Pati, Mitrapost.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menyebut hingga saat ini belum ada permohonan air bersih dari masyarakat akibat kekeringan dampak musim kemarau.

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan BPBD Kabupaten Pati Hermain menerangkan, bulan Agustus ini Pulau Jawa sudah memasuki puncak musim kemarau.

Dengan beberapa indikator cuaca bulanan, ia memprediksi bahwa sepanjang tahun ini Pati bebas dari bencana kekeringan. Pasalmya, potensi terjadi curah hujan hingga akhir tahun masih tinggi.

Selain itu, cadangan air pertanian di berbagai waduk dan bendungan di Pati masih mencukupi.

“Selain potensi hujan dan waduk masih penuh semua, Waduk Gembong, Gunungrowo, Randugunting, maka untuk air pertanian masih berlebih. Itu bisa dijadikan pasokan air tanah jika belum ada permintaan air bersih,” kata Hermain saat ditemui di kantor BPBD kemarin, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga :   BPBD Berikan Klarifikasi Terkait Penambahan Anggaran Kekeringan

Hermain mengaku kemarau basah non potensi kekeringan ini bukan kali pertama terjadi di Pati.  Kejadian serupa pernah terjadi pada tahun 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati