Musim Kemarau Basah, Luasan Lahan Kedelai di Pati Meningkat

Pati, Mitrapost.com – Luasan lahan kedelai di Pati, Jawa Tengah Tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dipengaruhi musim kemarau basah yang cocok untuk pertumbuhan kedelai.

Lahan kedelai di Pati saat ini di kisaran 1.531 hektar. Lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu, yang hanya 982 hektar.

“Ini faktor utamanya alam. Karena ini kemarau basah. Kacang kedelai semakin ada air akan semakin tumbuh,” Ungkap Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Pati, Kun Saptono, Jumat (19/8/2022).

Sentral Kedelai di Kabupaten Pati berada di Kecamatan Kayen, Tambakromo, dan Gabus.

Jelas Kun, Umumnya para petani di Pati selatan tersebut, saat musim kemarau menanam kacang hijau. Namun, karena curah hujan masih ada kacang hijau tidak bisa tumbuh optimal. Para petani akhirnya beralih menanam kacang kedelai.

Baca Juga :   Saiful Arifin: Tidak Perlu Dua-duaan, Tim Lokal di Liga 2 Cukup Satu

Meskipun produksinya bertambah, sayangnya panen kedelai di Pati belum mampu mencukupi kebutuhan konsumsi lokal. Utamanya kedelai di Pati hanya dijual untuk dijadikan bibit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati