Tekan AIDS, 8 Populasi Kunci Jadi Target Pemeriksaan HIV Oleh Dinkes Pati

Selain itu, populasi kunci lainnya dilakukan kepada Wanita Pekerja Seks (WPS), Laki Seks Laki (LSL), Kaum Waria, Warga Binaan pemasyarakatan, dan juga Pengguna Narkoba Suntik.

“Diantaranya ya itu ibu hamil mas, yang masuk usia 3 bulan, lalu WPS, LSL juga. Dan Binaan Lapas karena dipenjara mungkin ingin mengeluarkan hasratnya maka disalurkan ke sesama warga binaan. Bagi penyandang IMS, Lalu juga Waria dan pengguna narkoba terutama suntik mas, jadi kedelapan kunci itu kita sisir,” jelasnya.

Sejauh ini dengan melakukan penerapan program tersebut, rata-rata setiap bulan pihaknya menemukan Orang Dengan HIV (ODHIV) kira-kira 20 hingga 21 orang.

Ia menyebutkan, hingga data per Juli 2022, berdasarkan data yang disampaikan setidaknya terdapat sebanyak 152 orang positif HIV dan AIDS di wilayah Kabupaten Pati.

Baca Juga :   Sempat Terjadi Kemacetan Total, Jalur Pantura Juwana Kini Kembali Lancar

Ia mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pendampingan dengan memantau pengobatan yang dilakukan ODHIV maupun ODHA dengan secara rutin meminum Obat Antiretroviral (ARV) selama hidupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati