Terancam Punah, Jepara Dukung Perlindungan Habitat Macan Tutul Jawa di Kawasan Hutan Muria

Jepara, Mitrapost.com – Menjadi salah satu satwa yang terancam punah, Pemerintah kabupaten Jepara mendukung perlindungan habitat macan tutul jawa yang berada di kawasan hutan Muria.

Sebagai informasi, terdapat sebanyak 16 ekor macan tutul jawa yang berada di habitat kawasan hutan gunung Muria.

Dimungkinkan eksistensi satwa ini akan semakin terancam, jika tidak dilakukan upaya proteksi kelestarian ekosistem.

Oleh karenanya, Pemkab Jepara mendukung upaya menjadikan area populasi tersebut berstatus konservasi.

Dukungan tersebut disampaikan Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta di ruang kerjanya, saat menerima audiensi Djarum Foundation, Selasa (23/8/2022).

Menurut Edy, Pemkab Jepara sangat mendukung strategi perlindungan habitat macan tutul jawa di kawasan hutan Muria. Dia meminta, kesadaran masyarakat lebih meningkat akan pentingnya keseimbangan ekosistem. “Setuju, Pemkab Jepara siap mendukung langkah-langkah baik ini,” ujarnya.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 Terus Menurun, Masyarakat Diimbau Tak Hanyut dalam Euforia

Sementara Supanji menjelaskan, keberadaan 16 ekor macan tersebut didapatinya pada tahun 2019. Ketika itu pihaknya tengah melakukan survei di puncak Muria menggunakan camera trap. Dari temuan ini pihaknya lantas terpanggil, mengupayakan perlindungan populasi dan habitat untuk mencegah kepunahan satwa itu. “Kalau kita tidak melindungi kan sayang juga, macan tutul kan aset nasional juga,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati