Masak 2026 Sudah Tak Pakai LPG Lagi

Mitrapost.com – Ibu rumah tangga maupun pedagang nantinya pada 2026 sudah tidak lagi memasak menggunakan LPG, namun digantikan dengan gas dimetil eter (DME).

Diketahui bahwa PT Bukit Asam Tbk (PTBA) membangun fasilitas hilirisasi batu bara menjadi gas dimetil eter (DME). DME diproyeksikan akan mengganti LPG.

Arsal Ismail Direktur Utama Bukit Asam mengungkapkan bahwa fasilitas pemurnian ini akan selesai dikerjakan pada 2026. Diharapkan pada tahun tersebut DME dapat menjadi pengganti LPG yang berdampak pada pengurangan impor LPG.

“Kalau sesuai timeline kita, kan pembangunan kurang lebih tiga tahun, kalau tahun depan sudah mulai diharapkan 2026 sudah hasilkan produk DME itu,” sebut Arsal di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Jumat (26/8/2022).

Baca Juga :   2 Hakim di Rankasbitung Pakai Narkoba di Pengadilan

“Nantinya kita akan utilize 6 juta ton (batu bara) per tahun, dan diharapkan hasilkan 1,4 juta DME per tahun dan bisa kurangi impor LPG 1 juta ton per tahun,” papar Arsal.

PTBA menggarap proyek itu bekerja sama dengan Pertamina dan juga perusahaan Amerika Serikat (AS) Air Products and Chemicals Inc untuk membuat hilirisasi batu bara menjadi DME.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati