Tingkatkan Keselamatan dan Produktivitas Kerja di Freeport, Pemerintah Luncurkan 5G Mining

Mimika, Mitrapost.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan teknologi 5G Mining di PT Freeport Indonesia (PTFI).

Dirinya memaparkan, diterapkannya 5G Mining dapat mendukung otomatisasi kendali jarak jauh serta meningkatkan keselamatan kerja dan produktivitas PT Freeport Indonesia.

“Melalui teknologi 5G underground smart mining ini betul-betul aktivitas pertambangan di bawah tanah bisa dimonitor menggunakan kamera yang terhubung dengan kecerdasan buatan dan mencegah serta meminimalkan risiko kecelakaan kerja,” ungkap Presiden Jokowi di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (1/9/2022).

Diketahui, teknologi tersebut merupakan kerjasama antara PTFI dengan Telkomsel. Teknologi tersebut menjadi yang pertama di Asia Tenggara.

“Hari ini kita buktikan bahwa kita telah bergerak lebih maju dengan menerapkan 5G Smart Mining pertama di Asia Tenggara, oleh PT Freeport Indonesia yang didukung PT Telkomsel,” ungkap Presiden Jokowi.

Baca Juga :   Kapolda Jateng Sambut Kedatangan Jokowi Pantau Pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman

Dirinya menekankan pentingnya intervensi teknologi untuk memajukan sektor pertambangan di Indonesia, yang umumnya berada di daerah terpencil dan sulit terjangkau serta tantangan geografis dan konektivitas yang tidak mudah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati