Pati Jadi Kabupaten ke-6 Penghasil Nila Salin Terbesar di Indonesia, Segini Pemenuhan Benih Lokal

Pati, Mitrapost.com – Kabupaten Pati menjadi salah satu daerah terbesar ke-6 penghasil ikan nila salin di seluruh Indonesia. Hal ini berkenaan dengan pemenuhan bibit lokal di wilayah. Diketahui bahwa pemenuhan bibit lokal hanya tersedia sebanyak 5 hingga 10 persen.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati, Dwi Endang Subekti mengungkapkan bahwa pemenuhan benih lokal tersebut berasal dari Balai Benih Ikan (BBI) dan Unit Pembenihan Rakyat (UPR).

“Sejauh ini untuk produksi benih ikan di pati diperolwh dari BBI  dan Unit Pembenihan Rakyat /UPR. Dan itupun barr sekitar 5 -10 persen saja mas,” katanya saat dihubungi oleh tim Mitrapost.com pada Jumat, (2/9/2022).

Baca Juga :   Dewan Apresiasi Pelepasan Benih Ikan Nila di Waduk Seloromo Gembong

Diketahui bahwasanya dengan luasan lahan yang tambak yang mencapai kurang lebih 2000 hektare. Maka dalam pemenuhan bibit setidaknya dibutuhkan sebanyak 200-300 juta ekor bibit ikan.

Dengan kondisi ini, maka pihaknya mengaku pemenuhan bibit harus didatangkan dari beberapa daerah lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati