Lestarikan Cagar Budaya, Warga Mojowetan Membatik di Kawasan Sumur Pitu

Blora, Mitrapost.com – Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Blora menggelar pelatihan membatik kepada warga Dukuh Wadas Desa Mojowetan Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora, Kamis (8/9/2022).

Pelatihan tersebut dilakukan dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN). Lokasi membatik berada di cagar budaya kawasan sumur pitu (sumur tujuh) yang berada di dukuh setempat.

Salah seorang Mahasiwa yang KKN Jumiatun Nurdiana mengatakan pelatihan membatik didasarkan karena kondisi masyarakat kebanyakan ibu rumah tangga yang tidak memiliki banyak kegiatan, sekaligus untuk pelestarian sumur pitu sebagai cagar budaya.

Agar berbeda dengan motif yang sudah banyak beredar di pasaran, mahasiswa STAIM Blora membuatkan desain khas Dukuh Wadas yakni dengan motif sumur. Selain itu motif desain sumur pitu juga sebagai salah satu sarana pelestarian cagar budaya yang ada di Dukuh Wadas.

Baca Juga :   Pesta Miras di Cepu Blora Sebabkan 4 Orang Tewas

“Sumur pitu tidak hanya dikenal sebagai tempat yang mistis saja tetapi juga sebagai cagar budaya yang memiliki daya tarik tersendiri yang penuh dengan sejarah masa kerajaan pengging pada saat itu,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati