Mengenal Istilah Child Grooming, Bentuk Pelecehan Pada Anak

Mitrapost.com – Hubungan Kriss Hatta dan gadis berusia 14 tahun dikritik berbagai pihak salah satunya karena dikhawatirkan sebagai bentuk child grooming.

Child grooming merupakan merupakan istilah untuk menyebut tindakan seseorang yaitu membangun kepercayaan dan ikatan emosional kepada anak atau remaja dengan tujuan untuk memanipulasi atau mengeksploitasi anak tersebut.

Sehingga perilaku ini bisa disebut sebagai bentuk modus pelecehan seksual kepada anak. Chlid grooming bisa terjadi secara online maupun offline. Sehingga para orangtua perlu waspada.

Di Indonesia sendiri kasus child grooming sudah banyak terjadi. Pelaku biasanya melancarkan aksinya dengan memberikan iming-iming barang atau hal yang disukai sang anak.

Namun ada beberapa tahapan bagi pelaku child grooming dalam melakukan aksinya, diantaranya sebagai berikut.

  1. Selecting

Pelaku biasanya tak asal pilih korban. Namun, mereka akan menyeleksi berdasarkan daya tarik fisik yang mereka rasakan, kemudahan akses, hingga kerentanan yang dirasakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati