BPBD Ungkap Penyebab Banjir Bandang di Kayen Semalam

Pati, Mitrapost.comBanjir bandang menerjang kawasan Kayen tepatnya di daerah Landoh pada Kamis, (13/10/2022) petang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati menjelaskan bahwa hal tersebut dikarenakan rusaknya daerah hulu yang diakibatkan galian C.

Dari bebasnya aktivitas pertambangan galian C ini, menurut Martinus Budi Prasetya selaku Kepala BPBD Kabupaten Pati, mengakibatkan terjadinya sedimentasi yang kemudian sungai tidak dapat mampu menampung debit air dari hulu.

Yang mana, dari aktivitas tersebut masyarakat menjadi yang paling utama merasakan dampak langsung dari adanya alih fungsi hutan dan kerusakan hutan.

“Sedimentasi terjadi karena rusaknya daerah tangkapan air, karena adanya perubahan fungsi hutan lindung menjadi hutan produksi atau tanaman produksi, dan karena kerusakan dari aktivitas galian C,” ucap Martinus saat dihubungi melalui sambungan seluler, Jumat, (14/10/2022).

Baca Juga :   Rawan Banjir, Masyarakat Sekitar Sungai Juwana Diminta untuk Waspada

Lantas Martinus juga memaparkan, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten harus segera mengatasi permasalahan galian C di Pegunungan Kendeng secara bersama-sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati