Curah Hujan Tahun Ini Berpotensi Lebih Tinggi Dibandingkan Tahun 2021, Ini Sebabnya

Pati, Mitrapost.com – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya menyebut intensitas hujan di musim hujan tahun ini akan lebih tinggi dibandingkan tahun 2021.

Berdasarkan kalender cuaca, pekan ini Kabupaten Pati sudah memasuki musim penghujan. Oleh karenanya masyarakat diminta lebih waspada dan melakukan mitigasi bencana lebih awal.

“Tahun ini lebih tinggi curah hujannya. Dan lebih maju. Bahkan tahun ini kemarau basah, tidak ada kemarau sama sekali. Serapan tanah sangat kecil,” ujar Martinus saat ditemui di kantornya kemarin, pada Kamis (13/10).

Meski demikian, kabupaten-kabupaten di wilayah eks- Karesidenan Pati berpotensi mengalami curah hujan lebih rendah dibanding eks-Karesidenan Kedu dan Banyumas.

Baca Juga :   Minuman Rempah Ini Cocok Dinikmati saat Cuaca sedang Dingin-dinginnya

“Kabar BMKG kita memang tidak separah Cilacap dan Kebumen. Tapi kita harus tetap waspada. Perkembangan info BMKG harus kita teruskan ke kelompok relawan,” kata Martinus.

Dijelaskannya, curah hujan tinggi tahun ini disebabkan berbagai anomali cuaca. Terutama fenomena  Madden Julian Oscillation (MJO) dan La Nina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati