Jum’at Berkah, Lebih Istimewa Dari Hari Lain

Mitrapost.com – Jumat diyakini sebagai hari istimewa. Ada beberapa keutamaan dan keistimewaan Jumat yang kurang dikenal dalam Islam. Jumat adalah salah satu dari enam hari dalam seminggu.

Kata Jum’at secara etimologis berasal dari kata Jamaa-Yazimau-Jamaa yang berarti “berkumpul”. Ibnu Katsir mengatakan Jum’at  berakar dari kata al-jam’u, mengingat umat Islam berkumpul setiap tujuh hari sekali di masjid-masjid besar.

Masyarakat kuno, menyebut hari Jumat dengan “Hari Aruba”. Dan sebelum datangnya Islam, orang-orang diperintahkan untuk menghormati hari Jum’at.

Allah telah menjadikan hari Jumat sebagai hari besar. Pilihan Jumat ini bukan tanpa alasan. Meskipun hari yang tampak biasa, ketenaran hari Jumat lebih misterius daripada hari lainnya.

Baca Juga :   Info Grafis : Keutamaan Shalat Tarawih

Jumat adalah hari yang istimewa dengan banyak keutamaan. Jumat juga terkenal sebagai Sayyidul Ayyam atau Hari Penghulu. Allah memberikan hari Jumat kepada umat Muhammad.

Jumat adalah hari yang paling utama (afdhal) dari semua hari aktif. Allah telah membuat Jumat ini khusus hanya untuk umat Islam. Selain itu, sebagai hal khusus yang hanya ada pada hari Jumat yaitu ada shalat Jumat untuk laki-laki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati