Daftar Mitos Gerhana Matahari, Salah Satunya Sebabkan Kebutaan

Mitrapost.comGerhana matahari merupakan salah satu fenomena alam yang sering muncul di Indonesia. Tentunya kamu sangat beruntung karena dapat melihat fenomena ini.
Sebab gerhana matahari ini jarang ada di negara-negara lain. Pastinya ini adalah salah satu fenomena indah yang dapat kita nikmati.
Namun, masyarakat Indonesia percaya tentang ada suatu hal yang berkaitan dengan gerhana matahari ini. Kepercayaan tersebut pun hingga kini masih banyak yang percaya.
Para orang tua zaman dulu mempercayai bahwa gerhana ini berhubungan dengan hal-hal mistis. Hingga muncul berbagai mitos yang hingga kini masih beredar dikalangan masyarakat. Bahkan banyak dari mereka yang sampai saat ini masih melakukan ritual-ritual saat terjadi.

Baca Juga :   10 Mitos Kesehatan yang Paling Dipercaya Terbongkar, Ini Faktanya

1.Dapat menyebabkan mata buta

Orang tua zaman dulu sangat melarang anak-anaknya untuk melihat gerhana matahari secara mata telanjang. Sebab mereka khawatir bahwa gerhana matahari dapat merusak mata hingga menyebabkan kebutaan. Hal ini tentu ada benarnya, namun kebutaan dapat terjadi apabila kamu melihat matahari. Bukan hanya saat terjadi gerhana matahari saja. Tentu saja apabila kamu terlalu sering dan lama melihat matahari, maka penglihatan akan menjadi kabur bahkan buta.

 2. Tanda akan terjadi bencana

Saat terjadi fenomena ini, tentu saja langit akan terlihat gelap. Para orang tua zaman dulu percaya bahwa jika terjadi gerhana maka akan datang bencana besar. Tentu saja ini tidak benar, sebab segala bencana sudah ada yang mengatur. Namun, jika terjadi suatu bencana setelah adanya fenomena ini maka bisa jadi bahwa itu hanyalah kebetulan belaka.

Baca Juga :   Teror Peletan, Pemburu Tumbal Kepala Anak-anak

3. Memiliki dampak buruk bagi kehamilan

Biasanya, saat fenomena langka ini terjadi para ibu hamil akan melakukan berbagai ritual-ritual. Tentu saja ritual ini sudah dilakukan oleh para pendahulu. Mereka percaya bahwa jika tidak melakukan ritual tersebut maka bayi akan lahir dalam kondisi fisik yang cacat atau tidak sempurna. Namun, di era saat ini seharusnya kamu tidak perlu mempercayai tentang mitos ini. Sebab, gerhana matahari tidak memiliki hubungan dengan kehamilan seseorang.

4. Makhluk jahat sedang memakan matahari

Mitos yang paling terkenal saat terjadi fenomena ini adalah adanya cerita tentang makhluk jahat yang sedang memakan matahari. Tentu saja ini mitos belaka, sebab tidak ada makhluk yang mampu memakan matahari. Fenomena ini terjadi karena posisi matahari, bulan dan bumi sedang sejajar. Oleh sebab itu, cahaya matahari tidak dapat menyinari bumi sebab terhalang oleh bulan.