Anggota DPRD Pati Sukarno Harapkan Ada Subsidi BBM bagi Nelayan

Pati, Mitrapost.com – Pada masa terpuruknya harga rajungan, Pemerintah Kabupaten Pati harus memberi subsidi BBM jenis solar bagi nelayan kecil. Jika dibiarkan bisa dipastikan nelayan kecil akan terancam bangkrut ataupun tak bisa melaut.

Nur Sukarno, anggota Komisi B DPRD Pati mengaku kondisi harga rajungan dalam negeri yang anjlok disebabkan faktor yang kompleks. Utamanya lantaran penjualan rajungan untuk komoditas ekspor tersendat karena dampak dari perang Rusia dan Ukraina membuat perekonomian dunia terdampak, seperti turunnya permintaan rajungan dari luar negeri.

“Komoditas yang di-export, saat ini mengalami gejolak harga dan cenderung turun. Salah satu komoditas ekspor yang terdampak adalah ekspor daging rajungan, sehingga hasil tangkapan rajungan dari nelayan tangkap terdampak juga,” ujar Politisi Partai Golkar Pati, M Nur Sukarno kepada Mitrapost.com pada Senin (21/11/2022).

Baca Juga :   Vaksinasi di Pusat Perbelanjaan Perlu Digencarkan

Sementara itu, dari sisi internal nelayan, pendapatannya tidak seimbang dengan biaya yang dikeluarkan untuk melaut. Hal tersebut diperparah dengan kenaikan harga BBM jenis solar dan ketersediaannya yang semakin menurun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati