Kontribusi BPJS Kesehatan Mewujudkan Indonesia Lebih Sehat Dalam 1 Dekade JKN

Jakarta, Mitrapost.com  – Kehadiran BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program JKN telah merevolusi sistem layanan kesehatan Indonesia. Keberadaan yang telah berjalan hampir 10 tahun ini, dapat menyatukan asuransi jaminan kesehatan sosial yang sebelumnya terkotak-kotak.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga menciptakan ekosistem JKN yang kuat dan saling bergantung satu sama lain dalam mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) bagi penduduk Indonesia.

“Hampir satu dekade, Program JKN telah berkembang menjadi program strategis yang memiliki kontribusi besar dan mampu membuka akses layanan kesehatan bagi masyarakat. Banyak negara sangat tertarik kepada BPJS Kesehatan sebagai sebuah program gotong royong berkonsep single payer, ini sulit ditemukan di negara-negara lain. Jika dibandingkan negara-negara lain yang butuh belasan hingga ratusan tahun untuk mencapai UHC, progres di Indonesia ini terbilang luar biasa pesat,” jelas Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti dalam acara Diskusi Publik Outlook 2023: 10 Tahun Program JKN, Senin (30/01).