Dewan dari Golkar Minta Pemkab Buat Skenario Alternatif Penghapusan Pupuk ZA

Pati, Mitrapost.com – Pupuk subsidi Jenis ZA dihapus dari daftar pupuk subsidi pemerintah, anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati M Nur Sukarno meminta solusi kepada pemerintah kabupaten atas imbas dari kebijakan ini.

Pupuk Za sangat dibutuhkan oleh petani tebu, oleh karenanya politisi dari Partai Golkar itu mengharapkan ada skenario lain untuk menanggulangi ketergantungan pupuk jenis ini.

Pertama, Sukarno menginginkan ketersediaan pupuk ZA non subsidi di Kabupaten Pati aman dan tidak ada kelangkaan di pasaran. Pasalnya, kelangkaan pupuk merupakan kendala utama budidaya tebu di Bumi Mina Tani.

“Konsekuensinya pemerintah harus menyediakan pupuk ZA sesuai kebutuhan pekebun tebu. Dengan ketersediaan pupuk Za yang dibutuhkan pekebun tebu, maka diharapkan produktifitas tebunya bagus atau naik,” ujar Sukarno saat dimintai tanggapan Mitrapost soal kebijakan penyaluran pupuk terbaru.

Baca Juga :   Disdagperin Dorong Warga Pati Tingkatkan Konsumsi Kopi Lokal

Skenario kedua, Pemerintah harus memastikan harga tebu di musim giling harganya bagus. Petani tebu membutuhkan keuntungan yang lebih tinggi saat pupuk subsidi dihapus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati