Banyumas Jadi Kabupaten yang Berhasil Lakukan Pengelolaan Sampah

Mitrapost.com – Pengelolan sampah di Kabupaten Banyumas mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Rosa Vivien Ratnawati selaku Dirjen Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya bahkan menyebut pengelolaan sampah di Kabupaten Banyumas menjadi bahan pembelajaran bagi sejumlah negara.

“Banyumas luar biasa, salah satu daerah terbaik pengelolaan sampahnya,” ungkap Rosa Vivien Ratnawati usai talkshow ‘Zero Waste and Zero Emission Indonesia’ Rabu (15/2/2023) dilansir dari Kompas.

Pihaknya pun mengatakan memperkenalkan kesuksesan pengelolaan sampah tersebut hingga ke berbagai daerah termasuk di luar negeri.

“Cerita (kesuksesan) Banyumas ini kami bawa ke berbagai daerah, maupun luar negeri. Terakhir kemarin di COP27 Mesir dan Thailand untuk PBB belajar dari Banyumas,” ungkap Rosa.

Baca Juga :   BSI Rembang Ajak Warga Manfaatkan Bank Sampah

pengelolaan sampah yang melibatkan kelompok swadaya masyarakat (KSM) tersebut menurut Rosa menjadi hal yang menarik.

“Cara ini bisa direplikasikan dalam saka ibu kota kecamatan di berbagai daerah. Kami sudah buat rantai nilai pengelolaan sampah, bagaimana mengelola sampah dari sumbernya,” ujar Rosa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati