Penyebab Hujan Guyur Sejumlah Wilayah Indonesia

Mitrapost.com – Penyebab sejumlah wilayah Indonesia mengalami hujan dari intensitas ringan hingga deras menurut Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) karena fenomena Lonjakan Lintas Utara Khatulistiwa atau Cross Equatorial Northly Surges (CENS) dan Vorteks Borneo yang saling berinteraksi.

Hal itu diungkapkan oleh Erma Yulihastin selaku Peneliti Klimatologi di Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Mengapa hujan deras persisten disertai angin kencang melanda sebagian besar Indonesia saat ini? Saya akan fokus menjelaskan penyebab yg berkaitan dengan fenomena utama pada skala meso yg memiliki radius 2-200 km,” tulis Erma melalui akun Twitternya.

Dua fenomena alam disebutnya tengah terjadi di Laut China Selatan, yaitu CENS dan Vorteks Borneo.

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca Kabupaten Pati, Jumat 23 Juli 2021

CENS sendiri adalah penguatan angin dari utara yang memiliki kecepatan rata-rata di atas 5 meter/detik di wilayah Laut China Selatan bagian selatan dekat Laut Jawa. Indeks CENS disebut telah aktif sejak 21 Februari sampai sekarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati