Dewan Inginkan Normalisasi Saluran Primer untuk Atasi Banjir di Area Persawahan

Pati, Mitrapost.com – Anggota Komisi B DPRD Pati, M Nur Sukarno mengharapkan Pemerintah Kabupaten Pati melakukan normalisasi saluran di wilayah-wilayah terdampak banjir langganan di Pati Selatan.

Wilayah-wilayah ini utamanya berada di tiga kecamatan yakni Jakenan, Gabus, dan Juwana. Bahkan hingga kini terpantau sawah-sawah di Jakenan dan Gabus kebanyakan belum bisa ditanami karena masih terendam air.

warga sering mengeluh irigasi di sawah menyempit dan terjadi pendangkalan yang membuat air sulit mengalir sampai ke kali.

Diperparah cuaca buruk dalam beberapa bulan terakhir. Padahal, produksi sumber daya pertanian di tiga kecamatan tersebut cukup potensial.

Genangan air pasca banjir di areal persawahan dikhawatirkan mempengaruhi produksi beras di daerah mengingat para petani terlambat tanah.

“Perlu adanya normalisasi saluran tersier di lingkungan sawah tersebut perlu dijadikan prioritas pembangunan sehingga bisa meringankan petani pasca banjir,” ujar Sukarno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati