Dinkes Pati Paparkan Kebutuhan Protein Ibu dan Anak untuk Cegah Stunting

Ditegaskannya, makanan yang mengandung protein hewani lebih utama untuk meminimalisir stunting.

“Protein hewani penting dalam penurunan stunting berdasarkan studi ada bukti kuat hubungan antara stunting dan indikator konsumsi pangan berasal dari hewan, seperti daging, ikan, telur dan susu atau produk turunannya,” papar Rosdiana dalam acara tersebut.

Dia juga memberikan contoh porsi dan menu makan untuk bayi usia 6-8 bulan, bayi 9-11 bulan, usia 12-23 bulan, ibu menyusui, dan ibu hamil.

“Harapannya masyarakat memiliki perilaku konsumsi beraneka ragam makanan yang kaya protein hewani dalam rangka percepatan penurunan stunting” harapnya.

Selain pemahaman gizi dan protein, ia juga memberikan rambu-rambu untuk mencegah stunting diantaranya, mengoptimalkan tingkat kehadiran masyarakat di Posyandu dan membaca buku kesehatan ibu anak (KIA).

Baca Juga :   Dewan Pati Minta Warga Tak Sepelekan Varian Omicron

“Jika ditemui gejala balita weight faltering atau tidak naik berat badannya secara  cegah jangan sampai stunting dan melaksanakan sistem rujukan berjenjang,” tandasnya.(adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati