Tangani Bencana di Pati, Bappeda Gelar FGD Solusi Mengatasi Banjir

Sementara itu, Muhtar selaku ketua panitia dalam pidatonya mengatakan bahwa untuk merespon tindak lanjut penanganan bencana, perlu diadakan FGD untuk menangani permasalahan banjir yang ada di kabupaten pati.

“Dan tema yang kita ambil kali ini adalah solusi mengatasi banjir di Kabupaten Pati. Sehingga ada tiga tujuan dalam FGD ini, diataranya adalah menemukan permasalahan penyebab banjir, menemukan solusi secara holistik dan integratif, serta menyepakati langkah strategis penanganan banjir secara terpadu. Adapun selaku narasumber adalah dari BBWS, ESDM dan Perhutani’, imbuh Pj Bupati.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin berharap FGD ini bisa membawa hasil yang maksimal.

“Sungai Juwana ini menjadi muara dari sungai-sungai yang ada di kabupaten tetangga dan sungai-sungai kecil yang ada di Kabupaten Pati. Saya sudah dari dulu berkoordinasi dengan BBWS namun hanya iming-iming yang diungkapkan sampai sekarang. Iming-iming dari BBWS itu, sungai Juwana akan dibuat sudetan, kolam retensi dan lain-lain tapi sampai saat ini belum ada tindakan. Kuncinya adalah di Sungai Juwana. Kalau tidak ada sudetan saya kira banjir seperti ini masih terus terjadi”, pungkasnya.