Dorong UMKM di Rembang, Belanja di Pasar Ramadan Bisa Pakai QRIS

Rembang, Mitrapost.com – Dalam rangka mendorong digitalisasi UMKM, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) Rembang menerapkan penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk bertransaksi di Pasar Ramadan Jalan Soetomo, Rembang sejak hari Sabtu (1/4) kemarin.

Penerapan metode pembayaran online ini merupakan upaya pemerintah untuk menguatkan posisi UMKM di sektor perekonomian, sekaligus meningkatkan keamanan serta kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi di tempat umum.

“Kita harapkan kedepan UMKM kita terbiasa bertransaksi secara online atau digital. ini yang harus kita lakukan dalam rangka untuk menguatkan UMKM itu sendiri, juga memberikan kemananan dan kenyamanan dalam bertransaksi,” jelas Mahfudz, Kepala Dindagkop UKM Rembang.

Ia menilai pembayaran secara cashless (tanpa uang cash) lebih aman dibanding dengan pembayaran metode konvensional. Selain itu, metode QRIS dipandang sangat praktis. Pembeli hanya perlu melakukan scan kode QR menggunakan ponsel pintar saat melakukan pembelian di stan UMKM. Dengan demikian, mereka tidak perlu khawatir kehilangan uang atau bingung mencari uang pas.