Acara Kartini Mengaji Digelar di Pendapa Museum Kartini Rembang

Rembang, Mitrapost.com – Dalam rangka memperingati Hari Kartini ke-144, kegiatan Kartini Mengaji kembali digelar di Pendapa Museum Kartini, Rembang pada Rabu malam tanggal 26 April 2023 kemarin. Bupati Rembang, Abdul Hafidz yang datang pada acara itu menyebutkan bahwa R.A Kartini merupakan sosok yang layak dijadikan teladan.

R.A Kartini dikenal sebagai pahlawan wanita yang tidak hanya berani, cerdas, tapi juga religius. Sejarah mencatat bahwa beliau merupakan seorang santri yang berguru pada salah satu ulama besar di Semarang, yakni Kiai Haji Sholeh Darat atau K.H. Muhammad Sholeh bin Umar.

“Setelah ditelusuri sejarahnya ternyata Kartini ini sempat mengaji di Kiai Haji Sholeh Darat dan ada dokumennya,” terang Bupati Hafidz.

Baca Juga :   SPBE Belum Maksimal, Rembang Akan Berkaca ke Daerah Lain

Ia menambahkan, Kiai Haji Sholeh Darat juga sempat memberikan tafsir Al-Qur’an kepada R.A Kartini yang sampai sekarang masih tersimpan dengan baik di dalam museum. Menyadari fakta ini, pihaknya menginginkan untuk menggelar acara Kartini Mengaji bertepatan di hari lahir pahlawan wanita tersebut untuk menghargai salah satu kisah bersejarah R.A kartini yang menarik ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati