Baterai HP Cepat Habis? Berikut Beberapa Cara Menghemat Daya HP

Mitrapost.com – Selain sebagai media komunikasi, ponsel juga dapat digunakan sebagai sumber hiburan kala merasa bosan. Bermain game, menonton video, menggulir linimasa media sosial, semua aktivitas tersebut bisa anda lakukan hanya dengan menggunakan ponsel pintar milik anda. Namun, saat sedang asyik mencari hiburan, peringatan daya baterai yang hampir habis sering kali menjadi masalah.

Kecepatan pengurangan daya ponsel sendiri dipengaruhi oleh banyak hal. Berdasarkan laman Samsung, alasan-alasan berikut dapat membuat baterai anda cepat habis.

  • Sering memakai aplikasi berat dengan durasi waktu yang lama dapat membebani kinerja HP, sehingga memakan daya baterai dengan cepat.
  • Intensitas cahaya yang terang dan cahaya yang terlalu banyak juga bisa menguras daya baterai hingga cepat habis.
  • Tidak memakai charge yang sesuai dengan bawaan HP ternyata mempengaruhi proses pengisian ulang daya. Oleh karena itu, biasakan agar menggunakan charger bawaan sesuai merek dan tipe HP. Memakai charger lain bisa berdampak pada pengisian yang kurang optimal.
  • Memakai HP untuk bermain game berat secara online bisa membuat baterai lebih cepat habis. Game dengan tingkat grafis tinggi dan penuh gerakan animasi membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit. Baterai akan cepat panas jika pakai untuk bermain game secara terus-menerus.
Baca Juga :   Cara Gunakan Gadget Agar Aman Bagi Mata

Setelah mengetahui beberapa alasannya, berikut cara menghemat daya baterai ponsel pintar anda.

Matikan fitur yang tidak dibutuhkan

Fitur yang dimaksud adalah Wi-Fi, GPS, Bluetooth, dan fitur lain yang tidak terlalu dibutuhkan dan tidak mendesak untuk selalu aktif. Fitur-fitur tersebut memang memiliki kegunaan dan manfaat, namun tidak setiap saat dibutuhkan. Dalam kondisi yang tidak mendesak, hari lebih baik pilih mode hemat dan mematikan fitur-fitur yang tidak diperlukan.