Meriahnya Sedekah Bumi Desa Doropayung, Warga Saling Berebut Jajan Pasar dan Hasil Bumi

Pati, Mitrapost.com – Ribuan warga di Desa Doropayung Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati saling berebut jajan pasar dan hasil bumi saat acara sedekah bumi yang berlangsung pada Minggu, (5/6/2023).

Berdasarkan pantauan dari media Mitrapost.com, aksi saling berebut jajan dan hasil bumi tersebut meriah sekali. Dimana hal tersebut diyakini bisa mendatangkan berkah dan merupakan tradisi leluhur secara turun menurun.

Ngatri selaku warga Desa Doropayung yang ikut berebut jajan dan hasil bumi mengaku merasa senang. Menurutnya ini adalah momen yang hanya ada selama setahun sekali.

“Meskipun hanya jajan ya, tapi momen seperti ini hanya ada setahun sekali. Saya merasa senang banget berebut kaya gini jiwanya ingin rebutan terus hehehe,” ucapnya setelah berebut jajan.

Lebih lanjut, sebelum diperebutkan oleh warga, jajan dan hasil bumi tersebut diarak keliling punden untuk proses ritual yang diikuti oleh Kepala Desa Doropayung berserta staffnya.

Proses ritual tersebut bertujuan untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebab bisa melaksanakan acara sedekah bumi dengan lancar dan meriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati